Laman

Minggu, 06 April 2014

RSS & XML

Sebelum kita mencoba pembacaan RSS Feed dalam bentuk inputan user dan  pembacaan XML dalam bentuk tabel, terlebih dahulu kita harus memahami definisinya.

       RSS (Really Simple Sindication) adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (di antaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog. Teknologi yang dibangun dengan RSS mengizinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan web (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya. 


           RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. Sekitar 2000, penggunaan RSS meluas di berbagai penerbitan berita, termasuk Reuters, CNN, dan BBC. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi. Sebuah web yang menyediakan umpan RSS biasanya ada link (tautan) dengan sebuah tombol bertuliskan XML (XML iconic button) atau RSS (RSS iconic button). Namun disarankan menggunakan RSS daripada XML agar tidak membuat kerancuan (sebab setiap RSS adalah XML, tapi tidak tiap XML itu RSS).

Dalam dunia internet, seringkali kita menjumpai format dokumen XML. Lalu apa itu XML? Seperti layaknya HTML (Hypertext Markup Language), XML (eXtended Markup Language) adalah sebuah bahasa markup (http://en.wikipedia.org/wiki/XML). Markup dapat diartikan sebagai script yang berisikan kode berupa tanda atau tag-tag yang telah ditentukan untuk memformat suatu dokumen teks, agar dapat dibaca oleh berbagai aplikasi. Digunakan untuk menyimpan data, pertukaran data, membawa data. XML tidak didesain untuk menampilkan data berbeda dengan  HTML. 

XML Vs HTML











Contoh dari XML


Nah, setelah kita memahami definisi diatas sekarang kita mencoba pembacaan RSS Feed dalam bentuk inputan user dan  pembacaan XML dalam bentuk tabel, pertama kita cek xml sebuah blog dengan cara searching namablog.com/feeds/posts/default maka akan muncul gambar yang ada dibawah ini :


setelah itu kita mendaftarkan blog kita ke feedburner.google.com dan mengikuti step-step yang ada. Maka jika sudah terdaftar akan menampilkan gambar sebagai berikut :


Karena blog saya sudah mendaftarkan pada feedburner.google.com, saya akan menjelaskan cara mendaftarkan blog teman saya untuk menjelaskan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendaftar, sebagai berikut :

--> Pertama kita mengecek blog http://loecman30.blogspot.com/feeds/posts/default untuk mengetahui xml pada blog tersebut dan , berikut tampilannya :


Lalu membuka feedburner.google.com dan mendaftarkan blog yang diinginkan lalu klik Next :


Maka, akan muncul identify feed source, lalu pilih yang RSS --> klik Next



Dan akan muncul feed for you, yang akan keluar feed tittle dan feed address --> Klik Next --> Muncul deskrip --> Klik Next --> Klik Next seperti di bawah :




Sukses dalam pendaftaran feed, akan muncul seperti dibawah ini :




Setelah itu kita membuat folder RSS dan XML pada htdocs, 

Pertama pada folder RSS kita buat rssclass.php


Kedua pada folder RSS kita buat index.php, disini kita memanggil rssclass.php untuk memanggil feednya, saya menggunakan alamat feedburner saya dan menampilkan 8 artikel dengan nama ADITYA ANGGRAINI, sebagai berikut : 


Memanggil di localhost, dan hasilnya sebagai berikut :

Untuk membuat RSS dalam bentuk inputan user sangatlah mudah, kita dapat mengimplementasikan inputan user pada PHP dan HTML, dari materi sebelumnya, dan caranyapun tidak jauh berbeda dengan pembuatan RSS yang sebelumnya, untuk rssclass.php sama hanya yang berbeda pada index.php dimana dia melakukan eksekusi, berikut gambaran-gambaran RSS dalam bentuk inputan user :
rssclass.php


index.php


dan berikut adalah hasil dari eksekusi RSS inputan user, dimana inputan user tersebut berisikan alamat url (http://feeds.feedburner.com/TyazWeiXiaoYoungBlog) kita masing-masing, maka akan muncul seperti berikut :




Setelah itu kita akan membuat xml dalam bentuk tabel, misalnya saya membuat song.xml, dimana berisikan data-data lagu yang ingin diinputkan, :



Lalu kita akan membuat index.php, untuk memanggil dan mengeksekusi dari isi song.xml dalam bentuk tabel, lihat cuplikan berikut :



Dan berikut ini adalah hasil pengeksekusian dari song.xml dan index.php, apabila selain menggunakan tabel, tak usah bersusah payah, beri tambahan atau mengurangi pada index.php karena index.php tempat mengeksekusi song.xml :


Semoga ilmu dari pembacaan RSS dan XML dapat bermanfaat buat agan yang mampir mengintip, :D
Terimakasih,
Salam Super


Tidak ada komentar:

Posting Komentar