Laman

Minggu, 14 Oktober 2012

Overload Constructor Dan Overload Method Dalam Array


           Telah diulas pada materi sebelumnya. Disini hanya mengingatkan sedikit materi Overload Construktor dan Overload Method dan mempelajari materi Array.


Sedikit ulasan pada materi sebelumnya :

·           Construktor adalah suatu kelas yang berfungsi menciptakan instans dari kelas tersebut.
·       Bentuk konstruktor sendiri mirip dengan  sebuah metode. Beda yang paling mencolok adalah nama sebuah konstruktor harus sama dengan nama kelas tersebut dan kontruktor tidak memiliki definisi return type.
·         Overload Construktor adalah sebuah method yang mengembalikan tipe kelas. Pada kenyataan dilapangan, suatu kelas pada umumnya justru memiliki lebih dari satu konstruktor.
·    Overload Method mengijinkan sebuah method dengan nama yang sama namun memiliki parameter yang berbeda sehingga mempunyai implementasi dan return value yang berbeda pula. Daripada memberikan nama yang berbeda pada setiap pembuatan method, Overloading method dapat digunakan pada operasi yang sama namun berbeda dalam implementasinya.


Lebih Lengkapnya :Klik Disini

Array      Sebuah sistem yang kompleks tentu membutuhkan variabel dalam jumlah besar. Jika hanya membutuhkan 5 variabel bertipe integer, mungkin saja bisa dideklarasikan dengan cara: int a, b, c, d, e. Akan tetapi akan muncul persoalan ketika membutuhkan variabel dalam jumlah besar, seperti 100 variabel. Bagaimana cara mendeklarasikan seluruh variabel tersebut? Haruskan menuliskan variabel satu-per-satu seperti: int x1, x2, x3,…, x100 ?
        Untuk mengatasi permasalah tersebut, terdapat konsep array untuk solusi mendeklarasikan variabel dalam jumlah besar. Pemakaian variabel array akan menghemat waktu dalam penyebutan nama variabel. Sebuah variabel array merupakan sebuah nama variabel yang sama, namun memiliki nomor indeks yang unik untuk membedakan setiap variabel tersebut. Penomoran indeks array dimulai dari 0 sampai ke n-1, dimana n tersebut adalah jumlah total elemen.
        Indeks adalah sebuah angka yang menyatakan urutan sebuah elemen pada suatu variabel array. Karena di dalam sebuah variabel array dengan nama yang sama, maka untuk membedakannya diperlukan suatu cara yaitu dengan pemberian nomor urut. Ibaratkan deretan rumah dalam satu nama jalan, untuk membedakan rumah yang satu dengan yang lain, diberikan penomoran yang berbeda antara rumah satu dengan rumah yang lain.

Array Satu Dimensi

           
Mendeklarasikan Array Satu Dimensi
           Secara umum, formula pendeklarasian array adalah seperti berikut :

tipe_array  nama_array [];
tipe_array [] nama_array;


          Terdapat beberapa cara pendeklarasian array pada java, antara lain:

1) Mendeklarasikan array tanpa menyebutkan jumlah elemen yang diperlukan

int [] angka;
String [] teks;

Variabel angka dan teks yang dideklarasikan sebagai variabel array yang mana setiap elemennya akan menyimpan data bertipe int untuk variabel angka, dan string untuk variabel teks. Dalam pendeklarasian array tersebut tidak menyebutkan jumlah elemen.

2) Mendeklarasikan array dengan menyebutkan jumlah elemen yang diperlukan

int [] angka = new int [5];
String [] teks = new String [10];

Variabel angka dan teks dideklarasikan sebagai variabel array yang dapat menyimpan sejumlah elemen yang telah dideklarasikan (5 elemen untuk angka, dan 10 elemen untuk teks).

3) Mendeklarasikan variabel array secara otomatis

int [] angka = {2, 3, 4, 5, 6, 7};
String [] teks = {{"Saya","sedang","belajar","Pemrograman"}}

Menghitung Jumlah Elemen Variabel Array
        Untuk mengetahui jumlah elemen dari sebuah variabel array, digunakan instruksi length. Pernyataan angka.length akan menghasilkan jumlah elemen dari variabel array yang bernama angka.


Array Dua Dimensi

          Sebutan dimensi array dengan melihat dari jumlah nomer indeks yang digunakan dalam pendeklarasian variabel array. Array dua dimensi berarti nomer indeks yang digunakan adalah dua bilangan. Penggunaan array dua dimensi seringkali dipakai pada aplikasi matrik. Data pada suatu matrik diketahui berdasarkan nilai baris dan kolomnya.
         Bentuk umum pendeklarasian variabel array dua dimensi di java adalah sebagai berikut :


tipeData [][] nama_variabel[=new tipaData[jumlah_baris][jumlah_kolom]];

Array Satu Dimensi dengan menggunakan Overload Construktor

           Pada source code di bawah menjelaskan bahwa menggunakan Overload Construktor  (nama class sama tetapi beda parameter () ) dan dalam Array  menggunakan tipe data String dan  perulangan.



Keterangan : Yang disebut Overload Construktor pada Array adalah :


public Array_1_Dimensi(String [] love){

}

public Array_1_Dimensi(){

}
                    Yang disebut dengan Array 1 Dimensi adalah :

String [] Flower;
String[] Flower = {"Rose", "Jasmine", "Lily","Flamboyan","Bougenville"};

OUTPUT 


Array Dua Dimensi dengan menggunakan Overload Method


               Pada source code di bawah menjelaskan bahwa menggunakan Overload Method (nama parameter sama tetapi berbeda pada parameter () dimana untuk membanddingkan hasil output atau sebaliknya) dan dalam Array 2 Dimensi ini  menggunakan tipe data int dan double (perbandingan) dan menggunakan perulangan.


Keterangan : Yang disebut Overload Method pada Array adalah :


public void data(int[][] x) {
}
public void data(double[][] x) {
}

                    Yang disebut dengan Array 2 Dimensi adalah :


int[][] a;
double[][] b;


int a[][] = {{1, 3, 5}, {7, 13, 23}, {0, 4, 12}};
double b[][] = {{1, 3, 5}, {7, 13, 23}, {0, 4, 12}};

OUTPUT


                                                                                                                 Posted By :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar